Sabtu, 17 November 2012

Mubtada (المبتدأ) dan Khabar (الخبر)


  1. Mubtada (المبتدأ)
1.      pengertian
Mubtada ialah isim marfu' yang bebas dari amil lafazh, sedangkan khabar ialah isim marfu' yang di-musnad-kan kepada mubtada, contohnya seperti perkataan:  (Zaid berdiri); (dua Zaid itu berdiri); dan   (Zaid-Zaid itu berdiri).  Atau mubtada adalah isim marfu’ yang biasanya terdapat di awal kalimat (Subyek).
Maksudnya: Mubtada itu isim marfu' yang kosong atau bebas dari amil lafazh, yakni: yang me-rafa'-kan mubtada itu bukan amil lafazh, seperti fa'il atau naibul fa'il, melainkan oleh amil maknawi, yaitu oleh ibtida atau permulaan kalimat saja.
2.       Macam – macam Mubtada
Mubtada itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu mubtada yang zhahir dan mubtada yang mudhmar(dhamir). Mubtada zhahir penjelasannya telah dikemukakan.
  1. Adapun Mubtada isim dzahir, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya (seperti contoh di atas)
  2. Mubtada isim dhamir itu ada dua belas bagian yaitu : أنا ونحن وأنتَ وأنتِ و وأنتما وأنُتم وأنتن وهو وهى وهما وهم وهن .
Contoh Mubtada Isim Zhahir :
·         (أنا قائم) Saya itu berdiri
·         (نحن قائمون) Kami itu berdiri

  1. Khabar (الخبر)
Sedangkan khabar adalah isim marfu' yang di-musnad-kan atau disandarkan kepada mubtada, yakni tidak akan ada khabar kalau tidak ada mubtada dan mubtada itulah yang me-rafa'-kankhabar,seperti lafazh:  (Zaid berdiri). Lafazh  menjadi mubtada yang di-rafa'-kan olehibtida, tanda rafa'-nya dengan dhammah karena isim mufrad. Sedangkan lafazh  menjadikhabar-nya yang di-rafa'-kan oleh mubtada, tanda rafa'-nya dengan dhammah karena isim mufrad.
 (Dua Zaid itu berdiri). Lafazh  menjadi mubtada yang di-rafa'-kan, tandarafa'-nya dengan alif karena isim tatsniyah. Sedangkan lafazh  menjadi khabar yang di-rafa'-kan oleh mubtada, tanda rafa'-nya dengan alif karena isim tatsniyah.
 (Zaid-Zaid itu berdiri). Lafazh  mubtada dan  menjadi khabar-nya, di-rafa'-kan dengan memakai wawu karena jamak mudzakkar salim. Atau khobar adalah sesuatu yang dapat menyempurnakan makna mubtada’ (Predikat)
  1. Macam – macam Khabar
Khabar itu ada dua bagian, yaitu khabar mufrad dan khabar ghair mufrad.
  1. Khabar Mufrad
adalah khabar yang bukan berupa jumlah (kalimat) dan bukan pula menyerupai jumlah.
Contoh:  (Zaid berdiri); kedua-duanya isim mufrad.
Dan juga termasuk khabar mufrad bila mubtada dan khabar itu terdiri dari isim tatsniyah dan jamak, seperti contoh di bawah:
 = Zaid-Zaid itu berdiri;
 = dua Zaid itu berdiri;
 = Zaid-Zaid itu berdiri.

  1. Khabar ghair mufrad ialah, khabar yang terdiri dari jumlah, seperti jumlah ismiyah (mubtada dan khabar lagi), atau jumlah fi'liyyah (yaitu terdiri dari fi'il dan fa'il. Atau Khabar ghair mufrad ialah yaitu khabar yang berupa jumlah (kalimat) atau sibhu jumlah (yang menyerupai jumlah). Yang termasuk pada khabar ghair mufrod adalah
1.       Jumlah, Terbagi menjadi 2 macam yaitu :
·         Khabar jumlah ismiyah adalah khabar yang di susun dari mubtada dan khabar. Mari kita lihat contoh berikut :
1. الْكِتَابُ لَوْنُهُ اَبْيَضُ (buku itu warnanya putih)
2. النّجَاحُ اَسَاسُهُ جِدٍُّ (kesuksesan itu dasarnya adalah kesungguhan)
3. اَحْمَدُ عِلْمُهُ وَاسِعٌ (ahmad ilmunya luas)
Penjelasan :
Khabar jumlah ismiyah adalah khabar yang tersusun dari mubtada dan khabar.
Terlebih dahulu perlu kita pahami bahwa kata yang bergaris bawah pada contoh 1 (لَوْنُهُ اَبْيَضُ) 2 (اَسَاسُهُ اَلْجِدٍُّ)3, (عِلْمُهُ وَاسِعٌ)tersusun daripada mubtada dan khabar.
(لَوْنُهُ اَبْيَضُ) (warna buku itu putih) kata لوْنُهُmenjadi mubtada dan kata اَبْيَضُ sebagai khabar
اَسَاسُهُ جِدٍُّ (dasar kesuksesan adalah kesungguhan) kata اَسَاسُهُ menjadi mubtada dan kata جِدٍُّ sebagai khabar
عِلْمُهُ وَاسِعٌ (ilmu ahmad itu luas) kata عِلْمُهُ menjadi mubtada dan kata وَاسِعٌ menjadi khabar.
Dari penjelasan di atas bisa kita pahami bahwa kata yang bergaris bawah pada contoh 1 (لَوْنُهُ اَبْيَضُ) 5 (اَسَاسُهُ اَلْجِدٍُّ)3, (عِلْمُهُ وَاسِعٌ) adalah termasuk kepada jenis khabar jumlah ismiyah karena tersusun daripada mubtada dan khabar.
·         Khabar jumlah fi’liyah adalah khabar yang disusun dari fi’il dan fail. Mari kita lihat contoh berikut :
1. اَحْمَدُ يَكْتُبُ الرِّسَالَةَ (Ahmad menulis surat)
2. حَمِيْدَ يَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَة (hamid pergi ke sekolah
3. سَعِيْدَةٌ تَقْرَأُ الْقُرْاَنَ (saidah sedang membaca qur’an)
Penjelasan :
Kata yang bergaris bawah pada contoh 1 (يَكْتُبُ), 2 (يَذْهَبُ), 3 (تَقْرَأُ) adalah khabar berbentuk fi’il dan fa’ilnya adalah isim dhomir. يَذْهَبُ يَكْتُبُ fa’ilnya adalah isim dhamir هُوَ, dan تَقْرَأُ fa’ilnya adalah isim dhamir هي. Karena khabarnya di buat dari fi’il maka khabar pada contoh 1, 2, dan 3 adalah khabar jumlah fi’liyah.
2.      Syibhu Jumlah, ada 2 macam :
·         Khabar jar majrur
Sebelum memahami tentang khabar jar majrur terlebih dahulu kita bahas
Apa yang dimaksud huruf jar dan majrur. Huruf jar adalah huruf yang menyebabkan kata yang ditempelinya menjadi jar (kasroh). Yang termasuk pada huruf jar adalah……….
مِنْ، اِلىَ، عَنْ، عَلَى، فِي، رُبَّ، ب،ك،ل
Contoh kata الله boleh dibaca fatah, dhomah, kasroh tapi setelah ditempeli huruf jar maka bacanya wajib kasroh مِنَ اللهِ، بِاللهِ عَلَى اللهِ
Sedangkan majrur adalah kata yang ditempeli huruf jar dan harus dibaca jar (kasroh). Jadi kata مِنَ اللهِ, مِن adalah huruf jar dan kata اللهِ adalah majrur.
Kita kembali pada pembahasan khabar jar majrur
Khabar jar majrur adalah khabar yang tersusun dari haraf jar dan majrur.perhatikan contoh berikut :
1. الْحَمْدُ للهِ (segala puji miliki Allah)
2. الكتاَبُ عَلَى الْمَكْتَبِ (buku di atas meja)
3. النَّظَافَةُ مِنَ الاِيْمَانِ (kebersihan sebagian daripada iman)
Dari pemahaman di atas bisa kita pahami bahwa kata yang bergaris bawah pada 1 للَّــهِ , 2. عَلَى الْمَكْتَبِ 3. مِنَ الاِيْمَنِ termasuk kepada khabar jar majrur karena tiga contoh yang digaris bawah tersebut tersusun daripada huruf jar dan majrur
·         Khabar dzorof
Khabar dzorof adalah khabar yang terbuat daripada dzorof.
Apa itu dzorof ? dzorof adalah kata yang menunjukan pada tempat atau pada waktu. Yang menunjukan pada tempat contoh اَمَامَ (didepan), فَوْقَ (diatas) dan وَرَاء (dibelakang).
Untuk lebih memahami tentang jenis khabar dzorof mari kita perhatikan contoh berikut :
1. المِصبَاحُ فَوْقَ الْمِنْضَدَة (lampu di atas meja)
2. السَّبُوْرَةُ أَمَامَ الفَصْلِ (papan tulis didepan kelas)
3. الْحَدِيْقَةُ وَرَاءَ الْفَصْلِ (kebun di belakang kelas)
Penjelasan :                         
dari pemahaman di atas bisa kita pahami bahwa kata yang bergaris bawah pada contoh 1 فَوْقَ , 2, أَمَامَ dan 3 وَرَاءَ termasuk kepada khabar dzorof karena tiga kata tersebut menunjukan pada tempat

Perlu diingatkan, bahwa khabar yang dibuat dari jumlah mubtada dan khabar, atau terdiri dari fi'ildan fa'il disebut khabar jumlah. Adapun khabar yang terdiri dari jar dan majrur atau zharaf disebutsyibh (serupa) jumlah, karena jar-majrur dan zharaf itu bukan menjadi khabar yang sebenarnya, sebab yang menjadi khabar yang sebenarnya ialah muta'allaq-nya tersimpan atau tersembunyi, yang taqdir-nya dapat atau boleh dengan isim mufrad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar